Pengalaman Fresh Graduate Menghadapi Tes Masuk Kerja di Perusahaan

Udah lama gw pengen sharing pengalaman gw menjadi fresh graduate pencari kerja, bahasa laennya sih Jobseeker, istilah kerennya “pengangguran”. Jujur aja gw ga tau gw udah nganggur berapa lama, karena ga tau pasti itungan nganggur itu dari awal ketika lulus sidang, atau setelah wisuda. Whatever deh intinya gw sekarang mau bagi ilmu ke loe pada Pengalaman dan kisah pilu seorang fresh graduate macem gw di persaingan tes masuk kerja di beberapa perusahaan top yang pernah gw ikutin. LET’S START !!

Jujur waktu kuliah, gw ga niat sebenernya nyari kerja, apalagi ikutan tes masuk kerja ke perusahaan-perusahaan asing/multinasional kaya beberapa temen gw di UGM. Tapi karena ada beberapa faktor gw mutusin pengen jadi orang bener dulu deh, tapi disini gw tetep idealis, yang ada di benak gw waktu itu gw mau kerja di JAKARTA, atau kalo mau jauh ya jauh sekalian, ke PAPUA kek, KALIMANTAN, RIAU, dll. Gw paling anti banget kerja di Bekasi, Karawang, karena nanggung. So dari situ gw bikin prioritas.

1. kerja di dunia OIL & GAS (Pertamina, Chevron, Haliburton, SLB, dll)

2. Kerja di dunia Mining, Mineral, and Metal (Tambang) – (KPC, ADARO, Arutmin, Thiess, PAMA, Antam, UT, Trakindo, dll)

3. EPC  (Mc dermot, Wosley parson, Rekin, IKPT, Tripatra, dll)

4. Vendor Electrical/Energy management (Schneider, ABB, General Electric, dll)

5. Unilever

Gw cuma punya lima prioritas, kenapa unilever gw sendiriin? karena gw tau cukup prospek disini heheh. Dari kelima golongan itu gw yakin banyak banget benefit yang gw dapetin, selaen duit dan ilmu, apalagi kalo bs masuk EPC dan vendor, lagian kerja di lima tipe perusahaan itu penempatannya kalo ga di jakarta, ya ngerantau sekalian. Gw agak kurang minat untuk kerja di bekasi atau karawang, karena nanggung jauhnya heheheh. Lagian gw juga ga minat untuk kerja di pabrik, karena pada umumnya kan disana pabrik-pabrik.

Awalnya susah banget nyari lowongan buat fresh graduate untuk bisa ikut tes masuk kerja di lima golongan perusahaan itu. Gw sempet mikir apa terlalu idealis?, tapi ya udah gw jalanin aja, akhirnya gw daftar akun ECC UGM, dan coba-coba apply ke beberapa perusahaan, itung-itung pengalaman lah ikut tes kerja, banyak banget perusahaan yang gw ikutin tesnya, tapi bakal gw share beberapa perusahaan yang menurut gw tes masuk kerjanya agak menarik dan ngebekas di kepala gw hehe.

1. Sugar Group Companies

Ni perusahaan pertama yang gw apply, dan pengalaman pertama gw ikut tes kerja. Dari ECC sih, gw inget banget tesnya hari sabtu pagi jam 7 di Arsitektur UGM, gw baru aja lulus sidang hari jumat, dan paginya gw tes kerja. ASLI !!! ini tes kerja paling ngeselin !! karena tes kerjanya susah !!! bayangin lu disuruh ngitung matematika dasar, lumayan advance sih, mungkin karena otak gw yang agak bego, gw ga bisa ngerjain, alhasil gw gagal heheh.

2. British Petroleum (BP)

Bersyukur banget gw bisa ikut tes kerja di BP, ini perusahaan OIL and GAS pertama yang manggil gw buat tes, jadi gw semangat banget, FYI BP waktu itu emang lagi hunting di UGM, nyari fresh graduate untuk dijadiin junior engineer, gw sendiri apply jadi Instrument Engineer. Setelah proses seleksi yang puaanjaaaaang buanget, akhirnya tiba di tes psikotes, ASLI !!! tes kerjanya susah !! gw gagal di psikotes, tesnya online, waktunya cepet banget, logika sih, cuma mungkin karena gw bego ya gw ga bisa ngerjain, harapan kerja di BP pun gagal

3. Tower Bersama Group

Ini perusahaan telekomunikasi gitu, gw cuma iseng doang tes disini, lumayan di tes kerja kali ini gw bisa lolos psikotes, padahal ada tes paulinya hohoho *nyombong dikit*. Sayangnya gw ga lolos FGD, jadi setelah psikotes kan gw FGD tuh, gw abis, kalah ngomong ama fresh graduate yang jago bacot, dan tamatlah gw gagal. Dari sini gw belajar gimana caranya FGD yang baik, lumayan pulang tes kerja dapet ilmu.

4. Astra

Gw lupa astra apa yang manggil gw, cuma waktu itu gw ga bisa ikut tes kerjanya, karena gw lagi di tangerang, dan males balik ke jogja, dan alhasil gw gagal deh, lagian ga minat juga kerja di astra hehe

5. PT Toreccid

Perusahaan keramik dari spanyol. Di perusahaan ini gw pertama kalinya bisa lolos FGD, dan lanjut ke interview HRD untuk Pertama kalinya !!, dan gw dinyatakan lolos ke interview user, cuma gw ga lanjutin lagi karena gaji yang kecil, dan juga penempatan yang agak nanggung jauhnya di cibitung, gw jadi males ngelanjutin lagi hehe.

6.  PT. BUMA

Pertama kalinya dapet kesempatan tes kerja di perusahaan tambang, kali ini gw dapet kesempatan tes kerja di kontraktor tambang besar, katanya yang kedua setelah PAMA, Jujur ini tes kerja yang menurut gw panjang, capek, dan gw hoki !!, gw berhasil lolos ampe Medical check up, disini gw ngelamar sebagai Management Trainee divisi Plant. Awalnya sih psikotes, lalu lanjut lagi ke tes interview inggris, persis kaya tes schlumberger interviewnya. Lalu pengumuman, lama bngt nunggunya, sore baru nongol deh pengumumannya, kira-kira ada 400 orang yg tes, tapi cuma keambil 60an orang kalo ga salah buat Interview HRD, Untung gw lolos dan lanjut lagi ampe hari ke dua, nambah lagi deh pengalaman.

Lanjut ke interview HRD, cukup seru, karena pertanyaannya agak santai dan friendly, akhirnya sorenya gw disuruh untuk interview user besok pagi !! ini pengalaman paling jauh gw selama tes kerja bro, yang lolos dari HRD kira-kira setengahnya. Akhirnya sabtu pagi gw dateng ke hotel jambuluwuk, salah satu hotel keren di Jogja buat interview user, Usernya keren, engineer banget, orang tangerang lagi hufft. Nunggu lama hasil interview user, akhirnya disuruh Medical Check Up !!. Gw lolos jadi engineer plant BUMA.

7. PT Haliburton

WAH !!! seneng banget kepanggil tes kerja di Haliburton !!! posisi field engineer lagi, dari 1200an orang yang kepanggil cuma 100an, dan nama gw masuk !!!!, dari situ muncul lagi harapan untuk kerja di OIL and GAS, apalagi gw dapet panggilan itu pas waktu gw kelar wisuda sore-sore, namun sayang beribu sayang, gw ga bisa ikut tes Haliburton !!!, karena bentrok ama jadwal MCU di BUMA, gw udah telpon HRD BUMA untuk reschedule, namun ga ada waktu lagi, dan bisa fail kalo ga ikutin jadwal. ASLI !! galau banget, disatu sisi gw ga mau lepas pegangan yang udah hampir didapet, tapi gw juga mau bersaing lagi di OIL andGAS. Walau akhirnya dua-duanya ga jodoh ama gw *ntar gw ceritain di part II* gw cuma masih penasaran aja saat ini, gimana rasanya tes kerja di perusahaan Field service OIL and GAS beken macem Haliburton.

8. PT Elnusa Tbk

Lagi-lagi dapet panggilan di dunia OIL and GAS !! dan kali ini gw dapet kesempatan dari perusahaan field servicenya Pertamina, ELNUSA !!. Ngelamarnya sih buat posisi field engineer, dan gw apply via jobstreet. Akhirnya setelah googling alamat kantor elnusa dimana, gw beraniin diri ngebis dari Karawaci ampe cilandak demi berjuang mengejar karir di OIL and GAS. Cukup pede awalnya karena gosip dari temen gw elnusa lagi butuh banyak field engineer, dan yang tes dengan background elektro cuma tiga, sisanya mereka anak-anak finance dan HSE experienced.

Awalnya gw kira psikotes biasa bro, tapi begitu dibuka soalnya, JEGER !!!! elektronika dasar !!!, dan FISIKA DASAR !!!. BENER-BENER GA PREPARE !!! gw inget banget fisdas gw cuma bisa ngisi jangka sorong, vector, ama hukum Ohm, sisanya nembak jawaban !! haha, terus di soal elektronika dasarnya gw abis di analog, disuruh bikin output grafik dari sebuah rangkaian, kalo gasalah op amp, sama rangkaian berdioda gitu, disini gw cuma bisa ngerjain soal baca resistor, dan soal bikin output gerbang logika (and,or,not).

Alhasil gw pun gagal, gw ga dipanggil-panggil lagi ampe sekarang heheheh.

9. PT Wifgasindo Dinamika Instrument (EPC Migas)

Mungkin banyak yang ga tau perusahaan ini, Wifgasindo tu EPC kusus nanganin projek-projek SCADA, PLC, dan Instrument di beberapa industry, kebanyakan sih di OIL and GAS, ama Petrochemical, jadi bisa dibilang ni EPC Migas juga, COCOK AMA GW !!. Gw juga tau dari kaskus, dan gw ngelamar as Project Engineer langsung dari web mereka. Awalnya lama banget nunggu panggilan tes, sampe akhirnya sore gw ditelpon dan langsung diinterview sama user, pertanyaan awal kaya interview HRD, kaya nanya background kuliah, dll, so gw langsung disuruh tes interview user di kantor mereka di daan mogot TANGERANG !! sekali lagi TANGERANG !! oh my god, kalo gw ampe keterima enak banget ye, kerja di EPC migas, di Tangerang lagi hehehe deket ama rumah.

MABOK !! itulah kondisi saat gw diinterview user, gw ditanya elektro arus kuat, untung masih bisa jawab definisi listrik 3 fasa, selebihnya ga tau hahaaha, untung pas ditanya masalah instrument, apalagi PLC gw bisa jawab dengan yakin hoho. Kesan pertama di kantornya adalah, disini selow, bisa dateng siang, rambut boleh gondrong, walau kantornya ga gede, cuma ruko gitu, cuma gw yakin disini tempat buat nyari ilmu, bukan buat nyari duit heheh. Kisah selanjutnya tentang company ini nyampung ke PT II ya hehe

10. PT Indonesia Power

Perusahaan BUMN kedua yang gw ikutin, segolongan ama PLN, sayang banget gw ga bisa ikutan karena bentrok ama tes di Wifgasindo, lagian tesnya juga di Jogja, so gw rada males, alhasil gagal deh

11. Unilever

Konon katanya, kalo mau tajir selaen di Migas atau Mining, masuklah Unilever, apalagi MTnya. Akhirnya gw apply juga deh MT Unilever, singkat cerita gw lolos ke seleksi awal, dan langsung gugur di seleksi awal itu. Tanya kenapa? susah tesnya gw pusing, ekonomik banget, baca grafik, ngitung persen, ah mumet, online lagi tesnya. Akhirnya gagal deh.

12. Schneider Electric

Dari dulu gw udah ada minat untuk kerja disini, apalagi waktu ikuti pelatihan PLC di TE UGM, gw makin curious ama ni perusahaan, pengen dalemin ilmu control dimarih. Follow berita lowongannya, akhirnya gw nemu di jobstreet, mereka lagi nyari posisi buat MT, setelah kirim sana sini gw akhirnya diundang tes di kantor mereka di cilandak.

Agak keder karena banyak anak ITB, ditambah tes psikotes agak rumit dan ga biasa, untung deretnya gw udah latian dirumah jadi agak gampang, INGGRISNYA !!! susah banget !! gw udah agak ragu bakal lolos, eh ajaib, gw lolos untuk interview HRD. Alhasil gw diinterview deh, asli hrdnya kocak, diajak becanda mulu gw hehe, lebih ke personal, gw diajak curhat macem-macem.

Setelah itu alhamdulilah masih lanjut, dan gw diundang ke seleksi final mereka yaitu FGD, dan Presentasi direksi, waktu diumumin, gw lagi liburan di jogja, baru 2 hari, eh gw dapet panggilan tes lagi, jujur agak males, tapi life must goes on, akirnya dengan sisa tabungan gw beli tiket pesawat dan cao dari jogja menuju cilandak ASAP.

Singkat cerita gw berhasil lolos seleksi final, dan dinyatakan keterima di schneider hehe, agak ajaib dan ga nyangka bisa masuk disini, karena ni perusahaan ada di list inceran gw.  Sebenernya selaen di schneider gw dapet juga di BUMA ama Wifgas, cuma karena beberapa faktor akhirnya gw lebih milih Schneider, and now !! i’m here hehehe.

Sebenernya banyak banget perusahaan yang gw apply, dan gw ikutin tes masuk kerjanya, tapi rata-rata gw ga ikut, faktornya banyak, dari mulai bentrok ampe gw emang males (kesiangan, males, lagi maen, dll). Kalo ga salah nih listnya perusahaan yang ga gw ikutin tesnya hehe.

(Philips, Bank BTPN, Bentoel Group, BFI Finance, Adira Finance, Astra, Haliburton, Nabel Sakha Gemilang, Tridinamika Jaya Instrument, Indonesia Power, dll)

Ada juga beberapa perusahaan yang gw lamar, tapi nolak gw dari awal, alias gw ga kepanggil

(Tripatra, Thiess Contractor, Yama Engineering, Medco Energy, Alstom, Pama, Kalimantan Prima Persada, PAMA Persada, PT Perusahaan Gas Negara, PT TET, GMF AEROASIA, dll)

Yappp itulah pengalaman gw as fresh graduate waktu nyari kerja, tes sana sini, capek di jalan, cape mikir, tapi semua buat masa depan gw juga, saran gw buat calon fresh graduate yang belum ada pengalaman, mending dari sekarang tentuin prioritas lu, tentuin lu mau jadi apa, kalo udah tau lu bakal lebih mudah ko ngadepin persaingan tes masuk kerja.

Kalo mau kerja di OIL and GAS ya dari sekarang siapin, keep on the track, dan Jangan jadi delman, kerja di OIL ga cuma di Chevron atau Total EP, lu juga bisa nyoba di vendor, EPC, dll. Mulai dari yang kecil dulu kalo mw ke yang besar.

Kalo orientasi lu duit ama jabatan, ga mesti harus kerja di perusahaan OIL and GAS, ataupun BUMN, jadi pengusaha aja bos, intinya pinter pinter deh planning, tentuin direction lu sendiri, ga perlu ngikut orang laen, orang hidup lo sendiri, bebas lah mau kerja diperusahaan apa kek, asal ga di pabrik kuali aja ye.. hoaam udah deh ngantuk gw, mw joging dulu, moga manfaat ya ngakaks Pengalaman Fresh Graduate Menghadapi Tes Masuk Kerja di Perusahaan

Jangan lupa komeng ngakaks Pengalaman Fresh Graduate Menghadapi Tes Masuk Kerja di Perusahaan

FYI: Buat yang mau tau cara membuat CV kerja dan contoh CV kerja yang oke bisa  baca artikel baru gw di sini “Cara membuat CV kerja dan contoh CV kerja yang oke”