Pengalaman Kerja di Chevron

chevron tahiti offshore rig Pengalaman Kerja di Chevron

Hari kamis kemaren gw ga sengaja satu gerbong sama salah seorang engineer senior chevron di perjalanan dari jogja ke jakarta di kereta api bogowonto, gw bisa katain dia pegawai chevron, soalnye atributnya dia serba chevron 8 Pengalaman Kerja di Chevron .

Orangnya udah bapak-bapak, sepertinya makmur, tambun, dan santai sekali. Pertama-tama sih gw ga ngobrol sama dia, namun gara-gara toilet akhirnya gw dan dia saling ngobrol, dan gw banyak nanya sama dia tentang gimana pengalaman kerja di salah satu perusahaan oil terbesar di dunia, Chevron. Berikut petikan wawancaranya, udah gw singkat sebagian, biar ga kepanjangan, cekidot !!:

Gw: Pak kerja di Chevron ya? ( melototin logo di bajunya die )

Doi: Iya, kok kamu bisa tau perusahaan chevron? #bingung

Gw: iya pak di jurusan saya banyak yang bermimpi buat kerja di chevron heheheh #damnistrue

Doi: Owh gituu, iya saya kerja di chevron tepatnya di bagian engineering, lulusan teknik perminyakan dulu, udah kerja dari tahun 1980an heheheh. #bangga

Gw: Wuihhh keren ya pak di chevron, katanya setiap orang yang kerja disana makmur ya pak? apa betul? ( gw mulai nanyain mitos seputar chevron )

Doi: Iyaa memang, disana makmur karyawannya, cuma sekarang ada perbedaan ga seperti dulu lagi.

Gw: Perbedaan gimana tuch ? malus Pengalaman Kerja di Chevron

Doi: Sekarang minyak di Indonesia udah langka, pengeboran yang di Balikpapan, Riau, dan kota-kota lain, udah mulai menipis, sehingga produksi chevron ga segila dulu, jadi ngaruh ke pendapatan chevron, so beberapa fasilitas yang dulu pernah dikasih dari chevron ke karyawan ada beberapa yang dihilangin, kaya fasilitas mobil, sekarang mobil cuma dipinjemin aja. Dan sekarang chevron udah mengurangi beberapa divisi diperusahaannya.

Gw: *Kagetss !!! minyak di Indonesia udah mulai abis !! gokil negara gw udah habis dirampok asing bahan buminye !!*. Wah kalo begitu gimana pak? apa chevron bakalan pindah dari Indonesia?. Solusi masalah tersebut gimana?.

Doi: Kita butuh banyak sarjana geologi mas, untuk nemuin sumber-sumber minyak baru. Kalo sewaktu-waktu minyak di daerah Riau, Balikpapan, dll abis, kita kudu cepet move on ke daerah lain. Saya yakin di Indonesia masih banyak ladang minyak. Eh iya btw kuliahnya ngambil jurusan apa mas?

Gw: Elektronika dan Instrumentasi pak hehe, owh begitu ya pak, emang selain di Indonesia ladang minyaknya chevron dimana lagi sih pak? apa di ladang laen selaen Indonesia, kondisi minyaknya juga abis?.

Doi: Ga ko masih banyak, ga cuma di Indo, kita juga ngandalin di Africa, Qatar, dan beberapa negara Arab hehe, owh Teknik elektro ya itu? wah bagus itu.

Gw: bukan TE pak itu jurusannya di fakultas MIPA, gw mulai jelasin bla bla bla, btw pak, sekarang chevron ngelakuin proses penerimaan karyawannya gimana kalo boleh tau? kribo Pengalaman Kerja di Chevron

Doi: Sekarang sebenernya karena kondisi tersebut, chevron lagi fokus ke karyawan yang berpengalaman, yang udah pernah kerja 5 taun di bidang oil yang diutamakan, cuma tetep ko chevron selalu buka buat fresh graduate, kamu cek aja di internet, tapi sekarang seleksi untuk fresh graduate dan karyawan baru sangat ketat, ga kaya jaman 80 atau 90 yang agak mudah, sekarang chevron bener-bener ketat, biasanya mereka nyari yang pinter, atau seenggaknya cumlaude. Intinya buat fresh graduate ataupun karyawan baru, “only the best can join”.

Gw: #tepokjidad, high class juga nih perusahaan, lalu keadaan hening sebentar, dan gw nanya tentang divisi yang udah ga diurus chevron lagi.

Doi: Maksudnya divisi yang ga diurus lagi ama chevron tuh divisi yang di bawah mas. Jadi jaman dulu chevron ngatur semua proses di perminyakan, kaya pengeboran lah, distribusi minyaknya, dll. Cuma sekarang pekerjaan yang mendasar tersebut dioper ke kontraktor, jadi chevron tinggal terima jadi aja, alasannya ya itu ngehemat budget.

Gw: owh gitu, gw mulai bertanya hal yang matre setelah itu, btw gaji disana apa betul puluhan juta pak? dan kerjanya pembagian waktunya gimana? heheh.

Doi: kalo waktu kerja macem-macem, saya 7 hari kerja 7 hari libur selang seling, ada juga 5 hari kerja 5 hari libur, 14 hari kerja 7 libur, pokoknya disana tu kerjanya dipuasin abis itu liburan puas heheh. Kalo gaji tetep besar, bisa 15 juta buat fresh graduate, ada juga 30 juta buat staff  baru masuk yang berpengalaman. Tapi info tersebut gaji di bidang engineer, doi ga tau bwt bidang laen kaya bisnis, HRD, PR, dll.

Gw: “setelah itu hening”

Doi: Kalo jurusan kamu tu mungkin bisa masuk ke yang ngatur-ngatur peralatan, disana kan banyak alat-alat kusus buat ngontrol, mungkin kalo kamu pengen masuk sana, bakal ditempatin di bagian itu. masuk yang bagian IT jaringan gitu juga bisa heheh.

Gw: owh iya pak begitu ya, dan tiba-tiba gw bertanya ke kehidupan sosial disana, gimana kehidupan karyawan chevron dengan pengalamannya memegang duit sebanyak itu, dan gaya hidupnya.

Doi: macem-macem, ada yang foya-foya gara-gara ga pernah dapet duit banyak, trus tau-tau dapet. Ada juga yang investasi, dan saya sendiri udah investasi kos-kosan di Jogja di daerah pogung lor heheh. Di chevron emang disediain fasilitas rumah, rumah itu dibeli dengan sistem pinjem duit karyawan, jadi tiap bulan kita bayar angsuran ke chevron dengan duit gaji kita, masalah rumah bisa milih kok, mau tinggal deket tempat kerja, atau beli rumah di daerah laen heheh. Kalo saya milih tinggal di Jogja aja.

Gw: owh begitu, selanjutnya gw dan bapak ini lebih banyak bicara hal yang umum, tapi dari yang gw dapet, emang kerja di chevron enak banget dari segi materi, dan buat orang yang punya passion di bidang engineering bisa memilih berkarir disini.

Tapi ya itu tadi, “only the best can join” so prepare yah, bapak ini juga himbau biar kita jago bahasa inggris, jago disini bisa ngomong, bukan score toefl semata.

Kesimpulannya kerja di chevron emang bener bisa ngejamin hidup, gaji emang tinggi, tapi ya itu tadi, semua butuh perjuangan untuk masuk sini, namun seiring dengan minyak di daerah yang mulai menipis, mungkin beberapa fasilitas materi ada yang dikurangin. Gimana masih mau kerja di chevron? kalo gw sih ga tertarik, mau think different, tapi buat sobat yang mau dan ada cita-cita kerja di chevron, hajar aja !! keep fighting !!!. Semoga info pengalaman kerja di chevron membantu.

smiley beer Pengalaman Kerja di Chevron

 image source completelybaked.blogspot.com