Pengalaman Kerja di Chevron

5 Oct 2012 by admin, 39 Comments »

chevron tahiti offshore rig Pengalaman Kerja di Chevron

Hari kamis kemaren gw ga sengaja satu gerbong sama salah seorang engineer senior chevron di perjalanan dari jogja ke jakarta di kereta api bogowonto, gw bisa katain dia pegawai chevron, soalnye atributnya dia serba chevron 8 Pengalaman Kerja di Chevron .

Orangnya udah bapak-bapak, sepertinya makmur, tambun, dan santai sekali. Pertama-tama sih gw ga ngobrol sama dia, namun gara-gara toilet akhirnya gw dan dia saling ngobrol, dan gw banyak nanya sama dia tentang gimana pengalaman kerja di salah satu perusahaan oil terbesar di dunia, Chevron. Berikut petikan wawancaranya, udah gw singkat sebagian, biar ga kepanjangan, cekidot !!:

Gw: Pak kerja di Chevron ya? ( melototin logo di bajunya die )

Doi: Iya, kok kamu bisa tau perusahaan chevron? #bingung

Gw: iya pak di jurusan saya banyak yang bermimpi buat kerja di chevron heheheh #damnistrue

Doi: Owh gituu, iya saya kerja di chevron tepatnya di bagian engineering, lulusan teknik perminyakan dulu, udah kerja dari tahun 1980an heheheh. #bangga

Gw: Wuihhh keren ya pak di chevron, katanya setiap orang yang kerja disana makmur ya pak? apa betul? ( gw mulai nanyain mitos seputar chevron )

Doi: Iyaa memang, disana makmur karyawannya, cuma sekarang ada perbedaan ga seperti dulu lagi.

Gw: Perbedaan gimana tuch ? malus Pengalaman Kerja di Chevron

Doi: Sekarang minyak di Indonesia udah langka, pengeboran yang di Balikpapan, Riau, dan kota-kota lain, udah mulai menipis, sehingga produksi chevron ga segila dulu, jadi ngaruh ke pendapatan chevron, so beberapa fasilitas yang dulu pernah dikasih dari chevron ke karyawan ada beberapa yang dihilangin, kaya fasilitas mobil, sekarang mobil cuma dipinjemin aja. Dan sekarang chevron udah mengurangi beberapa divisi diperusahaannya.

Gw: *Kagetss !!! minyak di Indonesia udah mulai abis !! gokil negara gw udah habis dirampok asing bahan buminye !!*. Wah kalo begitu gimana pak? apa chevron bakalan pindah dari Indonesia?. Solusi masalah tersebut gimana?.

Doi: Kita butuh banyak sarjana geologi mas, untuk nemuin sumber-sumber minyak baru. Kalo sewaktu-waktu minyak di daerah Riau, Balikpapan, dll abis, kita kudu cepet move on ke daerah lain. Saya yakin di Indonesia masih banyak ladang minyak. Eh iya btw kuliahnya ngambil jurusan apa mas?

Gw: Elektronika dan Instrumentasi pak hehe, owh begitu ya pak, emang selain di Indonesia ladang minyaknya chevron dimana lagi sih pak? apa di ladang laen selaen Indonesia, kondisi minyaknya juga abis?.

Doi: Ga ko masih banyak, ga cuma di Indo, kita juga ngandalin di Africa, Qatar, dan beberapa negara Arab hehe, owh Teknik elektro ya itu? wah bagus itu.

Gw: bukan TE pak itu jurusannya di fakultas MIPA, gw mulai jelasin bla bla bla, btw pak, sekarang chevron ngelakuin proses penerimaan karyawannya gimana kalo boleh tau? kribo Pengalaman Kerja di Chevron

Doi: Sekarang sebenernya karena kondisi tersebut, chevron lagi fokus ke karyawan yang berpengalaman, yang udah pernah kerja 5 taun di bidang oil yang diutamakan, cuma tetep ko chevron selalu buka buat fresh graduate, kamu cek aja di internet, tapi sekarang seleksi untuk fresh graduate dan karyawan baru sangat ketat, ga kaya jaman 80 atau 90 yang agak mudah, sekarang chevron bener-bener ketat, biasanya mereka nyari yang pinter, atau seenggaknya cumlaude. Intinya buat fresh graduate ataupun karyawan baru, “only the best can join”.

Gw: #tepokjidad, high class juga nih perusahaan, lalu keadaan hening sebentar, dan gw nanya tentang divisi yang udah ga diurus chevron lagi.

Doi: Maksudnya divisi yang ga diurus lagi ama chevron tuh divisi yang di bawah mas. Jadi jaman dulu chevron ngatur semua proses di perminyakan, kaya pengeboran lah, distribusi minyaknya, dll. Cuma sekarang pekerjaan yang mendasar tersebut dioper ke kontraktor, jadi chevron tinggal terima jadi aja, alasannya ya itu ngehemat budget.

Gw: owh gitu, gw mulai bertanya hal yang matre setelah itu, btw gaji disana apa betul puluhan juta pak? dan kerjanya pembagian waktunya gimana? heheh.

Doi: kalo waktu kerja macem-macem, saya 7 hari kerja 7 hari libur selang seling, ada juga 5 hari kerja 5 hari libur, 14 hari kerja 7 libur, pokoknya disana tu kerjanya dipuasin abis itu liburan puas heheh. Kalo gaji tetep besar, bisa 15 juta buat fresh graduate, ada juga 30 juta buat staff  baru masuk yang berpengalaman. Tapi info tersebut gaji di bidang engineer, doi ga tau bwt bidang laen kaya bisnis, HRD, PR, dll.

Gw: “setelah itu hening”

Doi: Kalo jurusan kamu tu mungkin bisa masuk ke yang ngatur-ngatur peralatan, disana kan banyak alat-alat kusus buat ngontrol, mungkin kalo kamu pengen masuk sana, bakal ditempatin di bagian itu. masuk yang bagian IT jaringan gitu juga bisa heheh.

Gw: owh iya pak begitu ya, dan tiba-tiba gw bertanya ke kehidupan sosial disana, gimana kehidupan karyawan chevron dengan pengalamannya memegang duit sebanyak itu, dan gaya hidupnya.

Doi: macem-macem, ada yang foya-foya gara-gara ga pernah dapet duit banyak, trus tau-tau dapet. Ada juga yang investasi, dan saya sendiri udah investasi kos-kosan di Jogja di daerah pogung lor heheh. Di chevron emang disediain fasilitas rumah, rumah itu dibeli dengan sistem pinjem duit karyawan, jadi tiap bulan kita bayar angsuran ke chevron dengan duit gaji kita, masalah rumah bisa milih kok, mau tinggal deket tempat kerja, atau beli rumah di daerah laen heheh. Kalo saya milih tinggal di Jogja aja.

Gw: owh begitu, selanjutnya gw dan bapak ini lebih banyak bicara hal yang umum, tapi dari yang gw dapet, emang kerja di chevron enak banget dari segi materi, dan buat orang yang punya passion di bidang engineering bisa memilih berkarir disini.

Tapi ya itu tadi, “only the best can join” so prepare yah, bapak ini juga himbau biar kita jago bahasa inggris, jago disini bisa ngomong, bukan score toefl semata.

Kesimpulannya kerja di chevron emang bener bisa ngejamin hidup, gaji emang tinggi, tapi ya itu tadi, semua butuh perjuangan untuk masuk sini, namun seiring dengan minyak di daerah yang mulai menipis, mungkin beberapa fasilitas materi ada yang dikurangin. Gimana masih mau kerja di chevron? kalo gw sih ga tertarik, mau think different, tapi buat sobat yang mau dan ada cita-cita kerja di chevron, hajar aja !! keep fighting !!!. Semoga info pengalaman kerja di chevron membantu.

smiley beer Pengalaman Kerja di Chevron

 image source completelybaked.blogspot.com

39 Comments

  1. topx says:

    makanya sekarang kebanyakan pada ke oil service company kayak halliburton n baker hughes, bukan ke owner kayak chevron n total, soalnya udah pada tau kalo di owner itu ‘menyilaukan’ di awal, ilmunya cuma itu2 aja, n susah pindah.

  2. chv says:

    Doi: kalo waktu kerja macem-macem, saya 7 hari kerja 7 hari libur selang seling, ada juga 5 hari kerja 5 hari libur, 14 hari kerja 7 libur, pokoknya disana tu kerjanya dipuasin abis itu liburan puas heheh. Kalo gaji tetep besar, bisa 15 juta buat fresh graduate, ada juga 30 juta buat staff baru masuk yang berpengalaman. Tapi info tersebut gaji di bidang engineer, doi ga tau bwt bidang laen kaya bisnis, HRD, PR, dll.

    >> Chevron mana nih? Kok ON-OFFnya nggak umum banget. Mau dunk di assign kesana:)

    “only the best can join”.

    >> Nggak juga, gw juga nggak the best – the best bangets, rezeki Alloh yang ngatur:)

    • admin says:

      tau bro berdasar yang gw denger sih chevron riau heheh
      haha mngkn ga the best banget, tapi lo pastilah the best kan? only the best can join, not the best banget :D

    • Abdul Wahab says:

      Pak, mohon bantuan bapak utk informasi lowongan di Chevron ya ? aku siap kerja di bagian eksplorasi minyak ! this is my phone number 081265262745

      salam

  3. Gw IPK 3,03 | Mau coba daftar. wkwkw

  4. John says:

    ane mau ada test di chevron…. kaget aja di panggil, pengalaman ga sama, ipk 2,8 eh tau2 dapet panggilan FE :D.. mudah2an aja besok pas test nya lancar :p

  5. Simon says:

    All, sharing aja. Gw apply posisi analyst scada bln januari 2013. Test Aptitude bulan Feb 2013, lalu interview april 2013. Infonya habis interview disuruh tunggu 2 minggu buat tahu hasulnya, kl lulus interview baru test medical, dan selanjutnya job offering. mohon doanya ya …., buat yang baru apply mesti sabar karena prosesnya memang utuh berbulan – bulan.

  6. Limbong says:

    saran saya kepada teman2, lebih baik daftar di BUMN aja, mari bersama membangun Bangsa, memang saat ini belum sebesar perusahaan asing, tapi kalau kita garap bersama, kita bisa mengalahkan mereka, dan lebih baik dari pada “menjadi budak dinegeri sendiri”

    • Abdul Wahab says:

      Betul kali itu bah, kalau bisa kita masuk BUMN Pertamina aja. Tapi sulitnya sih bahasa inggris ya ? ampoooooonn

  7. Sidiq says:

    Nice info nih, ane teknik material punya cita2 kerja di chevron/pertamina.. Hehehe

  8. joe says:

    sebelum wawancara katanya ada tes psikologi.. apakah ini sama dengan test aptitude?

  9. firman says:

    Selain IPK, pengalaman, Softskill Bahasa inggris dan Leadership apa lagi gan yang harus di punyain oleh calon pelamar Chevron ?

  10. maya says:

    kalau urusan membangun bangsa sih mau2 aja ke pertamina..tp sayangnya pertamina nggak lg buka lowongan sesuai bidangku..kebetulan di chevron pas lagi ada…doain yaaa :) hehe

  11. silakann tengok sendiri yakk

  12. dyn says:

    Dulu dipanggil test chevron, daftarnya online.. tepat sehari sblum brgkt diterima di bumn dlm negeri, akhirnya ga jd brgkt tes chevron deh hehehehe.. soalny udh nazar perush yg dluan ngasih pngumuman ya itu yg ane ambil.. alhamdulillah gajiny mlh lbh dr yg ane bayangin sbelumnya.. :)

  13. galuh putra says:

    all,

    alhamdulillah gw baru aja dpt posisi WSM di chevron,
    gw dapet penempatan di minas, and star working on 4th march..

    kalo masalah gaji yaaa boleh dibilang cukup besar tapi ga besar besar amat.
    hehehe
    gw udah hampir 4 tahun pengalaman di bidang drilling and workover, makanya gw bisa bilang ga gede gede banget..

    tapi yang pasti benefit yang didapat emang lebih banyak… apalagi untuk yang pengalaman masih di bawah 4 tahun bagus banget buat masuk chevron untuk belajar tapi digaji,, dan mempercantik CV lo..

    FYI, posisi yang gw kerjakan ini kalo gw ambil sebagai konsultan,, even di indonesia.. katakanlah jadi coman thirdparty di lapangan petrochina.. itu di hargain 550 – 750 USD PER DAY…hheehe

    makanya saya bilang ga gede2 bgt sih kalo di chevron.. :p

    buat yang lagi test,,, good luck!!! be yourself.. be confident..
    coz chevron looking for best candidate who can be a leader..

    salam…

  14. Joko masdi says:

    Sekedar numpang tanya..
    Apa benar gaji bersih para manager di chevron
    Bisa mencapai diatas 150jt?? Mohon infonya
    Terima kasih

  15. Tahta says:

    saya kuliah jurusan HI gan, kira2 kalo ngelamar di Chevron dapet posisi apa ya? Legal ya? kira2 gaji nya berapa ya gan?

    • admin says:

      hubungan internasional? mngkn bs jadi staff relation di HO, tapi sya jg krng paham, coba aja tanya kaka kelas, atau pelajari setiap detail lowongan yang dipost di web chevron

  16. ina says:

    wah.. impian banget bisa kerja di chevron..
    semoga bisa ya Allah kerja disana :)

  17. Arif says:

    @galuh putra, saya semester 6 dijurusan perminyakan. kalo chevron ipk minimal berapa sih pak? trs kalo baru lulus, saran ente ngelamar kemana ya?.. belajar tapi digaji di chevron tuh ada program nya gitu apa gimana pak?. saran dan masukan nya dong gan…….. mudah2an ane bisa sukses kaya situ heheh

  18. anonym says:

    Banyak juga ya yang tertarik dgn Chevron:) Pegawai Chevron jg mengabdi buat negara bro, gak hanya BUMN saja. Minyak yg dihasilkan itu 90% buat negara loh, 10%nya ya buat Fee-nya Chevron, sama juga kok dengan Pertamina dan National Oil Company lainnya (kaya Medco dll). Emang itu regulasinya. Jadi komen negatif diatas disebabkan krn orang gak tau aja mengenai regulasi KPS. So, kalau ada kesempatan masuk Chevron ya diambil saja, jgn nunggu ada panggilan Pertamina, iya kalau Pertamina nerima lu kerja disana, kalau nggak nyengir dah lu. Coba semua opportunities yang didepan lu.

    Ok untuk test Chevron, diawali test aptitude (psikotest), gak perlu belajar, banyak istirahat saja, jangan sampe’ hari H test, kita kecapekan hbs perjalanan jauh apalagi ngantuk, buat yg diluar Jkt, usahakan H-2 sdh sampe Jkt, krn aptitude test banyak menguras pikiran. Kalau gak lolos aptitude maka gak bs ngejalanin test berikutnya.

    Test berikutnya, interview by phone, will be deliver in english, diusahakan kita tampil PD, mungkin gak semua jawaban mampu dijawab, lebih baik ajak si interviewer diskusi. Test-nya gak seperti sidang tugas akhir kok.

    Kalau lolos interview by phone, baru interview face-face, lu harus belajar mempresentasikan sesuatu di depan orang (biasanya yg meng-interview 5orang), biasanya pertanyaannya seputar pengalaman kerja, pertanyaan mengenai posisi yg di apply, pertanyaan mengenai ke teknikan sesuai dengan background pendidikan dan dikasih beberapa study cases. Presentasi lagi2 will be deliver in English, jd mulai sekarang harus belajar dan berlatih presentasi ya.. Selain itu ya belajar ke teknikan jg sesuai background pendidikan.

    Kalau lolos, maka Medical Check-up. Siap2 jd karyawan deh:)

    Again, rezeki itu Alloh yg ngatur, mungkin gak dapat Chevron dpt yg lebih baik. Jd berdoanya mulai sekarang diganti ” Ya Alloh tunjukkan jalan yang terbaik bagi saya” bukan lagi “Ya Alloh semoga sy masuk Chevron” hehe.. Pis.. Pis.. Dan yg terpenting dimanapun kita bekerja, tunjukkan selalu performa yang excellent..

  19. anonym says:

    Oh ya leadership itu juga dinilai, tetapi leadership itu menurut gw “given” dr yg diatas dan bisa dipelajari tetapi “by the time”. Mengapa leadership itu penting di oil company, krn oil company memiliki banyak kontraktor-kontraktor, dan kemungkinan lu me-lead mereka. Dan yang kedua sikap selalu bisa diajak bekerjasama (dlm hal positive), krn lu gak bs kerja sendirian disana. Bisa memutuskan segala sesuatu dgn melihat dr berbagai sudut pandang dan keputusan tersebut tepat. Nah sikap-sikap tersebut bisa dinilai di aptitude test. Jd kenapa kalau aptitude test gak lolos maka kita gak bs ngelanjutin test berikutnya:)

  20. novelshaday says:

    Gan..mau tanya jurusan sperti saya administrasi bisnis D3. Kira2 bisa diterima gak ya?
    Mohon Jawabannya. Tks

  21. Gisela says:

    gan, mau tnya kalo aku lulusan S1 akuntansi bisa kerja di sana juga ga ya? Dan aku baru punya pengalaman kerja jadi auditor kurang dari setahun di kap the big4.
    kalo ada info2 loker chevron, boleh dong info ke email aku or kontak di nomer 083890127196
    thanks.

  22. gini says:

    Hmm.., gaji karyawan baru chevron fresh graduate S-1 untuk posisi engineer di atas 15 juta/bulan nett..gajinya minimal sekitar 18 juta/bulan..data di atas adalah data yang belum diupdate..untuk engineer yang bekerja di duri, akan ada tambahan sekitar 30% dari gaji..itu belum termasuk tunjangan seperti diberi penginapan yang baik, pembantu, sopir, makan, air, listrik, dan lain lain semuanya gratis..jadi kerja di perminyakan, apalagi chevron sungguh sangat menjanjikan kesejahteraan.,

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Follow Me

Follow Me! Follow Me! Follow Me! Follow Me!

Search

Recent Posts

Another Rooms

My Best Friends

Turis nyang mampir

Kicauan Burung

"Buble - let me go home ? RT @rinsmaryanie: I've always been a million miles away. But things are gonna change, I just wanna come home ♥""
"Seperti grafik adc sensor akselerometer RT @AntoniusAllan: Dia yg skrg bukan dia yg dulu, dan memang smw tlah berubah..""
"there's a light that never goes out"
"Nasib fresh graduate, hidup kudu berdarah-darah dulu, asal ga pendarahan :))"
"Congratz brong !!! RT @zamakhdjambronk: rezeki pun tak pernah salah alamat, dan ia datang tepat pada waktunya.""